RSS

Teknik Dasar Bermain Drum(Rudiment)

09 Oct

Rudiment/Basic sticking adalah pukulan-pukulan dasar pada permainan drum. Setiap pola pukulan dibawah ini sangat penting untuk dikuasai karena sangat berpengaruh pada permainan drum dan sangat banyak digunakan. Keterangan:
R = Pukulan tangan kanan
L = Pukulan tangan kiri

Single Stroke
R L R L R L R L

Lakukan teknik single stroke ini pada snare drum dengan tempo lambat, lalu perlahan percepat tempo sampai secepat mungkin. Untuk pemula yang baru belajar drum harap memukul dengan mengangkat ujung stick drum setinggi bahu, untuk melatih pergelangan tangan anda. Setelah pukulan anda cukup bagus dan mendapatkan tempo yang konstan, mulailah mengaplikasikan teknik single stroke pada bagian drum yang lain. Pukul bagian SNARE DRUM ( RL RL ), lalu tom 1 / mounted tom ( RL RL ), tom 2 / mounted tom ( RL RL ), dan terakhir floor tom ( RL RL ) lakukan dengan tempo lambat, kemudian sedikit demi sedikit naikkan tempo. teknik ini fungsinya untuk fill in pada permainan drum, contoh setelah kita memainkan rock beat, beat 1/8, beat 1/4, beat 1/2, dst. Bisa juga variasi dilakukan pada snare drum saja.

Double Stroke
R R L L R R L L

Memainkan teknik double stroke sebenarnya tidaklah sulit, yang paling penting adalah kecepatan gerakan dan kelenturan lengan. Oleh karena itu sebelum berlatih double stroke, sebaiknya anda melatih teknik single stroke dulu sampai benar-benar lancar karena teknik single stroke juga tidak kalah penting. Cara melatih double stroke ( RR LL ) ; gunakan bagian snare drum untuk melancarkan permainan anda, bisa juga menggunakan rumus LL RR (dibalik sama saja, hanya lebih umum RR LL). Jika tangan anda terasa cepat lelah itu biasa, lama-lama pasti akan terbiasa. Untuk pemula biasanya pukulan tangan kanan dan tangan kiri tidak sama. Pukulan tangan kanan dan kiri harus seimbang (kekuatannya), agar suara yang dihasilkan menjadi lebih teratur dan menarik. Jika masih belum bisa membedakan suara double stroke yang bagus / tidak, anda bisa memainkannya pada mounted tom ataupun pada floor tom. Dengan ini suaranya akan lebih jelas, apakah pukulan yang anda mainkan benar-benar seimbang antara tangan kanan dan kiri. Bisa juga teknik ini diaplikasikan pada hi-hat cymbal ataupun ride cymbal.

Triple Stroke
R R R L L L R R R L L L

Paradiddle
R L R R L R L L

Paradiddle-diddle
R L R R L L

Triplet/rough
R R L R R L atau L L R L L R

 
Leave a comment

Posted by on October 9, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: